[Tips] Cara Jitu Perawatan Anis Merah Mabung/Moulting/Ngurak


Cara Jitu Perawatan Anis Merah Mabung/Moulting/Ngurak | Tpis Jitu Perawatan Anis Merah ngurak / mabung, menjadi catatan tersendiri.pada saat Burung Anis Merah Proses mabung / ngurak adalah proses mengubah bulu, di mana ia melepas semua bulu tua biasanya tua / rusak diganti dengan bulu baru. Berbeda lagi dengan nyulam. nyulam jika kondisi proses mengubah sebagian bulu yang belum selesai (memenuhi Jumlah Bulu) saat mabung. Untuk Burung Anis Merah  (AM) proses adalah mabung tercepat selesai dalam waktu sekitar 1 bulan. Dalam waktu cukup lama bahwa banyak hal bisa terjadi pada anis merah karena kita salah dalam perawatan saat mabung. sehingga penanganan mabung / Moulting berhasil (sukses) cukup penting.


Mabung, ngurak, (molting) adalah Proses Bergantian Bulu, meranggas, atau meranggas, yaitu bergantinya bulu panjang untuk bulu baru yang terjadi secara berkala. Pada saat mabung Anda harus lebih memperhatikan anis merah dan harus memenuhi semua persyaratan gizi. Karena ketika anis merah menjadi mabung maka 25% protein dalam tubuh untuk diserap. Ini berarti Anda harus mengganti kebutuhan protein terserap adalah cara untuk memenuhi semua kebutuhan gizi AM Anda. Pada kesempatan ini kami akan berbagi tips tentang perawatan anis merah saat mabung / molting dengan Benar benar.


Pada dasarnya mabung atau molting adalah siklus alami yang harus dialami oleh semua jenis burung yang telah tumbuh. Yang harus Anda lakukan adalah mengurus lebih intens selama mabung, yang mencakup makan, memberikan multivitamin, serta kebersihan kandang. Nah untuk memudahkan Anda dalam merawat anis merah yang meranggas sehingga pada kesempatan ini kita akan berbagi tips anis merah perawatan ketika mabung / molting tepat untuk berhasil. Pengobatan sama dengan perawatan anis kembang saat mabung.



1. Periksa kondisi anis merah
Hal pertama adalah untuk memeriksa kondisi anis merah pertama. Yang pertama adalah bahwa Anda dapat memeriksa apakah anis merah Anda terinfeksi penyakit atau tidak, untuk virus misalnya polyoma dan circovirus. Virus akan menghambat proses pertumbuhan bulu baru ketika anis merah menjadi mabung. Anda dapat meminta bantuan dari dokter hewan di lingkungan Anda. Yang kedua adalah untuk menghilangkan atau menyingkirkan parasit gangguan seperti cacing, kutu, dan mikroba.

2. Pakan
Utama satu ketika merawata anis merah mabung menyusu. Pakan yang dimaksud di sini adalah kualitas pakan. Kualitas di sini berarti tidak hanya banyak, tapi pakan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan anis merah saat mabung. Makanan yang baik untuk merah adas menjadi mabung adalah mereka mineral yang mengandung protein dan. Dapat ditambahkan ke porsi biasa karena kebutuhan gizi juga meningkat.

3. Ekstra Fooding (EF) dan multivitamin
Selain makanan pokok, Anda juga harus memberikan multivitamin dan makanan tambahan yang tepat. EF cocok untuk anis merah menjadi mabung adalah jangkrik, cacing, dan kroto. Untuk jangkrik, memberikan 4 ekor di pagi hari dan 4 ekor sore. Cacing, memberikan 3 kali seminggu masing-masing 2 ekor. Sementara kroto Anda dapat memberikan satu sendok setiap pagi. Multivitamin juga sangat penting, dan Anda dapat mencampur dalam air minum dua kali seminggu. Buah-buahan yang tepat untuk anis merah pada saat mabung / molting adalah pepaya, karena pepaya mengandung vitamin C yang dapat memperkuat pertahanan tubuh anis merah dan memperlancar proses metabolisme.

4. Mandi dan pengeringan
Untuk anis merah menjadi mabung, Anda harus mandi hanya sekali seminggu. Jangan terlalu sering memandikan anis merah mabung karena dapat menghambat pertumbuhan rambut baru. Utuk penjemurannya, kami merekomendasikan bahwa durasi maksimum adalah 20 menit setiap hari. Bahkan jika mungkin, Anda tidak perlu membersihkan kotoran karena tidak berjamur. Tetapi jika berjamur segera bersih agar tidak membawa penyakit.

5. Penempatan gantangan
Pada saat mabung anis merah sangat rentan terhadap stres dan sensitif. Gantangan untuk penempatan yang harus jauh dari hiruk pikuk / orang banyak karena dapat mengganggu konsentrasi anis merah. Jauhkan dari lingkungan ramai dan berisik, serta dari gangguan gangguan hewan (tikus, kucing, anjing). Untuk pengerodongan, anis merah jauh lebih baik mabung dikerodong kecuali bila dikeringkan dan dicuci.

6. pemasteran / mastering
Ketika anis merah yang meranggas, Anda dapat melakukan mastering / pemasteran setiap hari untuk hasil yang maksimal. Karena selama mabung, anis merah lebih diam dan mendengarnya, jadi ini adalah waktu terbaik melakukan mastering suara. Menguasai bisa lakukan dengan audio / mp3 dan burung spesialis menguasai sesuai dengan jenis suara Anda merah adas.



Setelah bulu-bulu mulai tunas , yang ditandai dengan bubuk putih banyak seperti ketombe di bagian bawah kandang (itu adalah keratin bulu), memberikan EF burung ditingkatkan. Di sini kita mulai mengembalikan (pendingin) sebelum burung ngedrop, untuk menjadi lebih aktif dengan pemberian EF serangga dan cacing.

Buah-buahan segar seperti apel merah dan pepaya dapat diberikan yang bervariasi (alternating), sampai bulu mulai untuk menyelesaikan, atau ekor dorong kondisi.

Pada saat ini, burung bisa memulai kembali dimaster, atau ditambah dengan master baru. Ini adalah kesempatan emas untuk menghilangkan suara masteran lama setelah itu kurang baik.

Dengan perawatan yang tepat selama ngurak dan mabung, burung-burung tidak akan stres punglor mudah yang dipimpin suara terhenti. Sebab, sebagai proses perkembangan burung kicauan, burung pascamabung akan mengalami periode bentuk atas digunakan untuk mencari pasangan, dengan modal bulu barunya rapi dan berkilau.

Jadi, jika burung Anda suara macet setelah mabung, itu berarti ada sesuatu yang salah / tidak akurat selama perawatan mabung.